Highlights

Ternyata Begini Tips Menghindari Kepala Peyang

Mempersiapkan kelahiran sang buah hati menjadi kebahagian tersendiri untuk sang Mama, terlebih kalau ini merupakan anak pertama setelah menantikan sejak lama.

Segala hal peralatan dibeli oleh mama, tanpa terkecuali. Setiap masuk ke toko peralatan bayi, selalu membeli apapun itu yang menurut mama itu lucu.

Seperti halnya pakaian, mainan, sepatu sampai ke dengan bantal. Sekarang ini sudah banyak beragam bantal berbagai macam bentuk untuk bayi. Mama memilih bantal yang memang bagus untuk kebutuhan bayi.

Pemilihan bantal pun harus yang terbaik. Di luaran sana, banyak yang mengatakan bahwa bayi harus menggunakan bantal berbentuk huruf U. Karena agar tidak terjadinya bentuk kepala yang tidak sempurna atau istilahnya peyang.

Apa itu benar? Penelitian darimanakah itu? Apa itu hanya omongan-omongan orang saja?

Mari kita bahas bersama-sama disini.

Ternyata mam, para pakar menyarankan bahwa bayi tidak harus menggunakan bantal sejak lahir hingga berusia dua tahun. Karena bentuk kepala bayi yang baru lahir memang belum sempurna, dikarenakan pengaruh proses kelahiran atau alat bantu persalinan.

Untuk merubah kepala ke bentuk yang ideal, kepala bayi butuh waktu. Berjalannya waktu, kepala bayi akan menjadi bundar sempurna dengan sendirinya.

Karena itulah, bayi tidak memerlukan alat untuk menyiasati kepala supaya berbentuk bundar.

Sebenarnya tidak hanya sang buah hati yang tidak dianjurkan menggunakan bantal, tetapi orang dewasa seperti kita pun sebenarnya tidak. Kebiasaan bila tidak menggunakan bantal maka akan terasa kurang nyaman itu bisa dihindari. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan tidur tidak menggunakan bantal untuk orang dewasa, salah satunya adalah mencegah terjadinya osteoporosis.

Balik ke masalah bantal untuk bayi. Sudah menjadi rahasia umum, dipasaran sana banyak menjual berbagai bentuk macam bantal yang diperuntukan untuk balita. Mereka mengklaim bahwa bantalnya bisa membuat kepala buah hati anda terbentuk sempurna. Tidak ada yang salah dengan itu semua karena pada dasarnya bantal pun banyak manfaatnya untuk buah hati anda. Hanya saja pemilihan bantal yang tepat dan penggunaan waktu saja yang harus Mama perhatikan.

Alasan kenapa bayi tidak memerlukan bantal:

  1. Menggunakan bantal dapat mengganggu pernapasan buah hati.
  2. Buah hati akan sulit menggerakkan kepalanya. Bayi yang tidur dengan bantal berbentuk U, maka dia akan kesulitan membalik atau memutar kepalanya ketika ia gumoh. Kesulitan ini yang bisa membuat bayi tersedak oleh muntahannya sendiri.
  3. Ketika masih bayi, kita belum mengerti apa yang dirasakan oleh sang buah hati. Apa ia merasa kesakitan atau tidak nyaman. Mereka hanya bisa menangis untuk mengungkapkan perasaannya. Itu yang terkadang bisa bikin orang tua setres. Kita tidak tahu apakah sang anak mempunyai masalah alergi atau tidak. Bantal bayi sangat rentan beresiko alergi debu. Daripada terlambat, lebih baik Mama menghindarinya.

Bayi menggunakan bantal boleh saja, namun pengawasan yang ketat oleh mama. Bila sang anak sudah tertidur dengan bantalnya, Mama perlahan-lahan ambil bantal tersebut dan jauhkan dari sang buah hati.

Pemilihan Bantal Yang Tepat

Menggunakan bantal untuk sang anak atau tidaknya itu semua tergantung dari keputusan Mama. Apa yang terbaik untuk sang buah hati pasti Mama mengetahuinya.

Apabila mama memang memutuskan untuk menggunakan bantal untuk sang anak, maka pilihlah bantal yang bersifat hipoalergenik atau rendah resiko alergi. Tak hanya itu, pilih bantal kecil dengan sarung yang halus. Jangan beri yang terlalu tebal, lebih baik pilih yang tipis dan tidak ada hiasan pada bantalnya seperti kancing, rumbai atau dekorasi jahitan lainnya.

Untuk Mama yang mau membeli bantal dianjurkan untuk tidak memilih bantal yang terbuat dari bahan polyester. Utamakan berbahan kain katun agar terhindar dari iritasi. Karena bayi masih rentan akan alergi terhadap apapun. Jadi pilih bahan yang bisa membuat sang anak bebas dari alergi.

Usahakan bayi selalu tidur sendiri di tempat tidurnya, ini juga bisa meminimalisir terjadinya kekurangan udara pada bayi. Beberapa mama memilih tidur dengan sang buah hati dengan alasan agar dengan mudahnya mengontrol sang buah hati pada malam hari.

Bayi yang tidur di tempat tidur terpisah membuatnya dengan mudah mendapat udara bebas dan mudah untuk bergerak, apalagi kalau disekitarnya tidak dihalangi apapun seperti bantal dan selimut. Jangan taruh boneka atau alat permainan lainnya di sampaing tempat tidurnya.

Bukan memisahkan Mama dengan sang buah hati dengan tidur tidak berbarengan. Pada setahun pertama, bayi lebih baik ditempatkan pada keranjangn tidur terpisah namun masih dalam satu kamar dengan Mama.

Kalau mama sudah terlanjur membeli bantal untuk sang anak, lebih baik disimpan terlebih dahulu hingga sang anak siap untuk menggunakan bantal. Biarkan itu semua pilihan sang anak untuk menggunakan bantal atau tidak. Kita sebagai orang tua hanya perlu memberikan arahan mana yang baik dan buruknya.

Demikian penjelasan kenapa sang buah hati lebih baik tidak menggunakan bantal hingga umur 2 tahun. Bukan berarti bantal tidak baik untuk bayi, namun penggunaan bantal harus digunakan sebagaimana mestinya. Semua itu hanya untuk kebaikan sang buah hati, bukan begitu Mam?



0 Comments on "Ternyata Begini Tips Menghindari Kepala Peyang"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply