Saat hamil, semua kebiasaan yang Mama lakukan terlebih yang dapat membuat keadaan janin menurun kesehatannya harus terpaksa dihindari. Ya, apalagi jika bukan karena ingin buah hati tumbuh sehat sampai proses persalinan nantinya. Salah satu yang harus Mama kurangi adalah memiliki kegiatan yang dapat membuat Mama mengalami keletihan berlebih.

Namun, hal ini bukan berarti Mama benar-benar tidak boleh beraktifitas. Kegiatan berenang, berjalan kaki, dan olah raga ringan justru disarankan untuk dilakukan. Karena dapat membantu memudahkan Mama saat proses persalinan.

Yoga bisa jadi salah satu alternatif untuk Mama yang ingin tetap berolah raga di masa kehamilan. Karena secara umum yoga merupakan olah raga yang aman terutama untuk ibu hamil, tentu hal ini dengan catatan dokter kandungan Mama tidak bermasalah.

Idealnya, Mama dapat memulai untuk melakukan yoga paling tidak di awal trimester kedua. Mengapa? Karena Mama perlu menyesuaikan tubuh dengan perubahan yang terjadi terlebih dahulu. Setidaknya sampai mual dan pusing yang Mama rasakan mereda.

Yoga untuk kehamilan atau biasa dikenal dengan Pre-natal Yoga ini memiliki beberapa manfaat untuk Mama dan buah hati. Dengan rutin melakukan gerakan Pre-natal Yoga, Mama dapat mengurangi keluhan yang seringkali dirasakan Mama-Mama saat sedang hamil seperti, sakit pinggang dan punggung, nyeri pada sendi, sembelit, serta terjadinya pembengkakan pada kaki.

Selain itu, Yoga ini juga membantu melatih otot panggul Mama menjadi lebih kuat dan elastis serta membantu melatih pernapasan Mama yang ini tentu sangat dibutuhkan dalam proses persalinan buah hati nantinya.

Tak hanya memiliki dampak pada Mama, gerakan Yoga yang Mama lakukan juga punya pengaruh untuk buah hati. Gerakan pada Pre-natal Yoga ini dirancang untuk melatih otot rahim sehingga menunjang ruang gerak dari janin agar gerakannya lebih optimal. Gerakan yoga yang membuat Mama rileks juga membantu pertumbuhan dari buah hati. Karena saat stress, Mama akan memproduksi hormone kortisol yang akan mengganggu pertumbuhan buah hati.

Untuk itu, langsung kita praktekan yuk tiga gerakan Pre-natal Yoga di bawah ini!

  1. Side Stretch

Bagaimana cara melakukannya?

Posisikan kaki dalam keadaan bersila, letakkan tangan di samping, lalu perlahan coba condongkan badan ke bagian samping (kiri atau kanan). Jika memungkinkan, turunkan badan sampai siku Mama mendekati lantai. Lakukan ke arah sebaliknya. Gerakan ini akan membantu relaksasi tubuh Mama sehingga lebih segar.

  1. Butterfly Pose (Pose Kupu-Kupu)

Bagaimana cara melakukannya?

Posisikan telapak kaki rapat atau menempel dalam keadaan duduk. Jika Mama kesulitan untuk melakukannya, Mama bisa menggerakkan telapak kaki sedikit maju. Buka lutut, pegang jari kaki, sembari menegakkan tulang belakang serta membusungkan dada. Posisikan badan Mama condong ke depan, namun mengingat kondisi Mama yang sedang hamil pasti akan terganjal oleh perut. Lakukan semampu Mama dan jangan paksakan diri. Gerakan ini akan membantu menguatkan otot paha dalam dan tulang belakang, termasuk panggul.

  1. Tree Pose Balance (Pose Pohon Keseimbangan)

Bagaimana cara melakukannya?

Lakukan posisi berdiri tegak dengan satu kaki sebagai tumpuan dan kaki satunya diletakkan pada kaki tumpuan. Letakkan kedua tangan di depan dada. Perlahan tarik kaki ke posisi lebih tinggi dengan dibarengi merluruskan tangan ke atas. Usahakan untuk menjaga keseimbangan. Jangan memaksakan diri karena dapat melukai pergelangan kaki. Gerakan ini akan membantu menguatkan otot kaki dan mencegah bengkak yang memang sering dialami Mama yang sedang hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*