Highlights

Persiapan Persalinan

May 4, 2017 By 1 Comment

Menjelang usia kehamilan sembilan bulan, biasanya dokter atau bidan yang menangani Bunda memberikan HPL (Hari Perkiraan Lahir). Tentu saja namanya perkiraan tingkat akurasinya tidaklah tepat seratus persen. Namun boleh dibilang biasanya dua minggu sebelum HPL, bayi sudah boleh lahir. Artinya persalinan bisa saja terjadi 2 minggu sebelum HPL. Oleh karena itu, akan lebih baik jika memasuki akhir bulan ke delapan kehamilan, Bunda sudah memiliki rencana-rencana persalinan dan juga telah menyiapkan segala kebutuhan persalinan. Adapun beberapa hal yang perlu Bunda persiapkan menjelang persalinan sebagai berikut:

 

  1. Pilihan Tempat Persalinan

Pada trimester ke 3, Bunda sudah mengetahui kondisi pribadi dan kondisi janin sehingga memiliki pertimbangan kemungkinan-kemungkinan tempat persalinan yang bisa dipilih. Apakah itu pada pos kesehatan bidan terdekat, puskesmas terdekat atau justru harus di rumah sakit dengan didampingi dokter spesialis karena resiko tinggi dalam persalinan.

Jikalau pilihannya adalah rumah sakit. Maka tentukan sejak dini rumah sakit mana yang akan dituju. Akan lebih baik jika rumah sakit tujuan mudah diakses dari rumah. Konsultasikan dengan Dokter atau Bidan Bunda untuk mendapatkan referensi yang paling tepat untuk kondisi Anda.

 

  1. Kenali Gejala-gejala Menjelang Melahirkan

Melahirkan sebenarnya menjadi hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Mengapa? Sebab, sejak awal kehamilan, Bunda tentu sudah mengetahui bahwa pada sekitar tanggal sekian bulan sekian, Bunda akan melahirkan. Sehingga, perasaan khawatir dan cemas sebenarnya tidak perlu dipelihara.

Namun, alangkah baiknya jika Bunda mulai mengenali tanda-tanda menjelang melahirkan sehingga lebih siap dan tenang saat hari menentukan itu datang. Beberapa tanda yang umum terjadi menjelang kelahiran adalah:

 

#Terjadi kontraksi secara periodik

Misalnya terjadi kontraksi setiap 30 menit sekali, kemudian 20 menit sekali. Jika kontraksi sudah terjadi setiap 10 menit, maka Bunda harus mulai menghitung kira-kira jam   berapa terjadi kontraksi tiap 10 menit. Jika proses berjalan lancar, maka 12 jam kemudian bayi Bunda akan lahir.

 

#Keluar lendir bercampur darah dari vagina

 

#Pecahnya air ketuban

Biasanya berupa cairan yang merembes dari vagina.

 

  1. Tas Bunda dan Tas Bayi

Tas Bunda dan tas bayi lebih baik disiapkan ketika usia kehamilan memasuki 8 bulan. Adapun isinya adalah:

 

Tas Bunda

a) Beberapa set piyama. Dianjurkankan baju atasan memiliki kancing di depan.

b) Pakaian dalam dan BH menyusui

c) Pembalut berukuran maxi

d) Pakaian Bunda untuk dikenakan ketika pulang

e) Handuk

f) Sabun, shampoo, sikat gigi dan pasta gigi

g) Dokumen yang diperlukan (fotokopi KTP Ayah dan Bunda, fotokopi Surat Nikah, Kartu Asuransi jika ada, dsb)

h) Sandal

i) Buku catatan dan pulpen

 

Tas Bayi

a) Beberapa set baju bayi

b) Minyak telon

c) Baby Oil

d) Sabun dan shampoo bayi

e) Diaper

f) Handuk

g) Tissue basah

h) Topi bayi

i) Kaos kaki bayi

j) Sarung tangan bayi

k) Selimut tebal untuk digunakan ketika membawa pulang bayi

l) Gedhong (selimut tipis persegi)

 

  1. Psikologis

Begitu memasuki usia kehamilan sembilan bulan, Bunda hendaknya sudah mempersiapkan diri untuk segala kemungkinan persalinan. Sehingga, apa pun yang terjadi dengan persalinan Bunda, Bunda sudah siap secara mental. Apa pun yang akan terjadi, dalam beberapa saat lagi, Bunda akan menggendhong Buah Hati yang Bunda telah tunggu-tunggu kehadirannya. Kiranya, ingatan akan buah hati akan memperkuat Bunda menghadapi persalinan.#



1 Comment on "Persiapan Persalinan"

  1. […] Mempersiapkan kelahiran sang buah hati menjadi kebahagian tersendiri untuk sang Mama, terlebih kalau ini merupakan anak pertama setelah menantikan sejak lama. […]


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply