My Story

Mudik Menyenangkan Bersama Anak-anak

June 7, 2017 By 0 Comments

Wah, nggak kerasa sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri. Keistimewaan Hari Raya Idul Fitri memang tiada duanya. Belum lagi ritual wajibnya tiap tahun yang selalu dinikmati oleh sebagian besar orang yang merindukan kampung halaman, yakni mudik. Keluarga saya termasuk salah satu yang mudik menjelang Idul Fitri. Meskipun mudiknya tidak terlalu jauh, sih. Sebab masih satu propinsi.

Buat mudik, saya mempersiapkannya jauh-jauh hari, terutama untuk kendaraan. Saya berusaha memastikan keamanan dan kenyamanan kendaraan roda empat yang akan kami pakai untuk mudik. Supaya anak-anak saya nyaman ketika berkendara.

Oh iya, biasanya anak-anak kan suka rewel ya, jika terlalu lam di perjalanan? Nah, saya punya beberapa tips, yang mungkin bisa mama praktekkan, nih. Alhamdulillah, dengan mempraktekkan tips ini mudik saya sekeluarga menyenangkan, terutama untuk anak-anak.

Jaga kesehatan fisik orang tua maupun anak-anak.

Jaga kesehatan tubuh dengan cara mengatur pola makan serta jangan makan sembarangan yang bisa memicu sakit. Usahakan cukup istirahat. Saya selalu mengusahakan anak-anak saya cukup makan dan istirahat sebelum kami mudik. Sehingga saat diajak berkeliling silaturahmi ke rumah sanak saudara stamina mereka cukup oke.

Pilih baju yang nyaman untuk anak-anak.

Sebisa mungkin pilih baju yang nyaman untuk anak-anak. Misalnya dari bahan kain yang mudah menyerap keringat. Maklum, anak kecil biasanya kan mudah keringatan dan basah, bajunya. Jika berkeringat anak-anak biasanya akan merasa gatal dan lengket, lalu rewel.

Jangan lupa membawa perlengkapan untuk anak-anak.

Jangan lupa untuk menyiapkan satu tas organizer berisi obat-obatan dan minyak khusus untuk anak-anak. Sekarang karena anak-anak tidak bayi lagi, saya juga membawakan perlengkapan mereka supaya tidak bosan di perjalanan. Perlengkapan yang dibawa antara lain: bantal santai untuk sandaran, mainan favoritnya, buku-buku untuk dibaca, maupun tablet games favorit mereka.

Siapkan bekal makanan untuk anak-anak.

Dulu saat anak-anak masih baby saya selalu menyiapkan air dalam termos dan seperangkat alat makannya juga. Sewaktu-waktu anak lapar, biasanya kami akan mencari pemberhentian yang aman lalu menepikan mobil. Saya menyuapi anak dalam kondisi mobil berhenti supaya anak tidak mual.

Kemas barang-barang secara rapi.

Supaya mobil lega, tidak penuh sesak oleh barang, maka usahakan untuk mengemas barang-barang bawaan dengan rapi. Tujuannya agar anak bebas bergerak di dalam mobil.

Antisipasi mabuk perjalanan.

Untuk mengantisipasi mabuk perjalanan saya bisanya menempatkan plastik khusus untuk muntah. Biasanya saya tempatkan di area yang mudah dijangkau seperti di samping pintu mobil atau di belakang kursi penumpang.

Begitulah mama, tips yang biasa saya praktekkan ketika mudik. Dengan begitu, mudik pun menjadi terasa menyenangkan, meskipun membawa anak-anak. Semoga bermanfaat ya, tips dari saya ini! 🙂

***

Penulis adalah Christanty Putri Arty. Ibu dari Riva dan Cielo ini tinggal di Kudus. Bisa dihubungi melalui blognya di www.omahantik.com.



0 Comments on "Mudik Menyenangkan Bersama Anak-anak"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply