Highlights

Meski Terlihat Sepele, Hal-Hal Ini Dapat Picu Konstipasi Pada Buah Hati

March 6, 2018 By 0 Comments

Gangguan pencernaan menjadi salah satu hal yang pasti membuat Mama merasa kurang nyaman beraktifitas, terlebih jika di waktu genting tiba-tiba perut mengalami gejolak yang luar biasa. Hal ini pun yang dirasakan oleh buah hati. Reaksi yang ditunjukkan pun pasti akan lebih dari yang Mama rasakan.

Konstipasi sembelit adalah kondisi sulit buang air besar secara teratur, tidak bisa benar-benar tuntas, atau tidak bisa sama sekali. Konstipasi pada buah hati ditandai dengan kondisi feses buah hati yang fesesnya keras dan kering. Biasanya diikuti dengan rasa mulas sampai perut melilit, bahkan terdapat darah di feses buah hati. Karena itu, konstipasi adalah gangguan pencernaan yang harus Mama hindarkan terjadi pada buah hati. Meski sebenarnya hal ini termasuk lumrah, terlebih jika buah hati baru masuk dalam fase MPASI.

Tapi, bukan berarti Mama membiarkan hal ini terjadi. Jika konstipasi berlangsung lebih dari dua minggu, Mama harus menyalakan tanda waspada. Bagaimana caranya? Tentu dengan mengetahui penyebab dari konstipasi itu sendiri.

Nah, di bawah ini merupakan beberapa hal yang berkemunginan menjadi penyebab terjadinya konstipasi pada buah hati.

  1. Pola Makan

Konsumsi gula atau makanan dengan kadar serat rendah seperti junkfood yang berlebih, dapat meningkatkan resiko buah hati mengalami konstipasi. Selain itu, asupan cairan pada buah hati juga menjadi penyebab terjadinya kosntipasi tersebut.

  1. Menahan Buang Air

Merasa tidak nyaman pada hal yang baru dan asing merupakan salah satu kebiasaan yang terjadi pada buah hati, tak terkecuali dengan pemakaian toilet. Sehingga saat bepergian atau melakukan aktivitas di luar, buah hati akan cenderung menolak menggunakan toilet umum dan menahan buang air.

  1. Kurang Olah Raga

Aktivitas fisik seperti olah raga akan membantu buah hati dalam proses pencernaan makanannya. Untuk itu, biasakan dari kecil mengajak buah hati melakukan olah raga sederhana seperti jogging atau bersepeda.

Paling tidak dengan mengetahui penyebab dari konstipasi tersebut, Mama bisa lebih awas untuk menghindarkan terjadinya hal tersebut pada buah hati. Happy learning Mama!



0 Comments on "Meski Terlihat Sepele, Hal-Hal Ini Dapat Picu Konstipasi Pada Buah Hati"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply