Highlights

Mempersiapkan Mental Sebelum Kehamilan

May 4, 2017 By 0 Comments

Berpikir Positif

Pikiran menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi kehidupan seseorang. Seperti yang diutarakan oleh Dr. Ibrahim Elfiky bahwa pikiran positif akan membuahkan perbuatan dan hasil yang positif pula. Sebaliknya, pikiran negatif  juga akan membuahkan perbuatan dan hasil yang negatif. Seseorang yang berpikir positif akan berperilaku positif. Sementara  perilaku positif yang terus menerus  dilakukan menjadi kebiasaan positif.  Kebiasaan positif yang dilakukan dalam jangka waktu yang panjang dan menjadi kepribadian disebut sebagai karakter. Artinya, berpikir positif merupakan langkah awal dalam pembentukan karakter positif.

Demikian juga dalam mempersiapkan kehamilan. Seorang Calon Bunda semestinya menjadikan pikiran positif bagi dasar kehidupan sehari-harinya. Sebab, dengan pikiran yang positif, Calon Bunda akan menjalani hari-hari yang lebih indah dibanding jika Anda berpikir negatif. Berpikir positif bisa dimulai saat anda bangun tidur. Dengan bekal pikiran positif, begitu bangun tidur anda bisa tersenyum bahagia. Begitu anda bisa tersenyum bahagia saat bangun tidur, maka sepanjang hari itu perasaan anda akan lebih baik.

 

Manfaat Berpikir Positif dalam Mempersiapkan Kehamilan

Berpikir positif menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam setiap program anda, termasuk program kehamilan. Beberapa manfaat berpikir positif bagi Calon Bunda diantaranya sebagai berikut:

  1. Terhindar dari stress

Upayakan Calon Bunda senantiasa mengendalikan hidup dan pikirandalam ruang pikiran positif sehingga hidup Calon Bunda akan menjadi lebih rileks. Kondisi rileks sangat dibutuhkan dalam mempersiapkan kehamilan. Sebab, kondisi stress sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilan program kehamilan anda. Banyak penelitian menyebutkan bahwa dalam program kehamilan, semakin tinggi tingkat stress seorang wanita, maka kemungkinan berhasil semakin kecil.

  1. Tubuh lebih sehat

Salah satu dampak dari berpikiran positif adalah pada kesehatan Calon Bunda. Dengan berpikir positif, anda akan terhindar dari rasa takut, cemas, iri, dengki, kecewa, sakit hati dan hal-hal negatif lainnya. Hal-hal negatif akan mempengaruhi metabolisme tubuh anda. Jika metabolisme tubuh terganggu, Anda akan rentan terhadap penyakit dan rentan pula terhadap program kehamilan anda.

  1. Lebih percaya diri

Berpikir positif akan membangun kepercayaan diri Calon Bunda. Hidup pun menjadi lebih optimis. Wajah lebih segar dan ceria. Karena, pikiran-pikiran buruk dan negatif tidak memiliki tempat dalam diri anda.

  1. Lebih Menjamin Keberhasilan

Jika Calon Bunda senantiasa berpikiran positif dalam menghadapi suatu keadaan, maka pikiran anda berada pada titik jernih dan seimbang. Kejernihan pikiran dan keseimbangan mental membuat Calon Bunda lebih tenang, arif dan bijaksana dalam mengambil sebuah keputusan. Dengan bekal itu, maka akan lebih menjamin keberhasilan bagi Calon Bunda dibanding jika memiliki pikiran yang keruh.

  1. Lebih fokus

Saat Calon Bunda mengerjakan sesuatu dengan selalu berpikiran positif, maka pikiran anda lebih mudah fokus dalam program kehamilan anda. Segera singkirkan jika ada pikiran-pikiran yang berpotensi mengganggu fokus Calon Bunda. Senantiasa ingatlah bahwa Calon Bunda sedang mempersiapkan diri untuk menyambut janin, calon Buah Hati anda dan keluarga.

  1. Hidup lebih bahagia

Berpikiran positif membangun Calon Bunda untuk selalu bergembira. Kegembiraan itu akan lebih besar lagi jika Calon Bunda bisa menularkannya kepada orang-orang disekitar anda. Misalnya kepada pasangan, keluarga dan teman-teman anda. Semakin banyak dan luas anda menularkan kegembiraan, maka semakin bertambahlah kegembiraan anda.

  1. Tanamkan keyakinan pada diri Calon Bunda bahwa program kehamilan anda akan berhasil.

Genggam erat keyakinan itu hingga menyatu dengan diri anda. Jangan memberi peluang sekecil apa pun untuk ragu. Sebab, sekecil apa pun keraguan akan mengganggu proses yang sedang anda jalani.

 

Tips Mudah Membiasakan Berpikir Positif

Betapa pentingnya berpikir positif dalam kehidupan ini, termasuk dalam merencanakan kehamilan. Namun sayangnya, tidak setiap orang memiliki metode yang tepat untuk memposisikan dirinya senantiasa dalam pikiran positif. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membantu berpikir positif dan meneguhkan keyakinan bahwa anda akan berhasil dalam program kehamilan. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Membaca

Memperbanyak membaca artikel-artikel tentang kehamilan akan memberikan kepada Calon Bunda banyak pengetahuan dan pengalaman orang lain seputar kehamilan. Semakin banyak pengetahuan dan pengalaman yang anda serap, akan semakin baik. Sebab, dengan pengetahuan dan pengalaman yang lebih banyak akan membantu melakukan hal-hal yang dibutuhkan selama mempersiapkan kehamilan. Selain itu, pengetahuan dan pengalaman orang lain akan membantu anda saat menghadapi situasi tak terduga.

  1. Konsultasi ke Dokter

Konsultasilah ke Dokter untuk mempersiapkan kehamilan anda. Usahakan berdiskusi lebih banyak dengan Dokter tentang kondisi anda untuk menumbuhkan rasa optimis anda dalam program kehamilan. Mintalah deskripsi tentang potensi-potensi dan kemungkinan-kemungkinan anda dalam kehamilan. Terlebih lagi jika anda memiliki keunikan-keunikan, alergi atau riwayat penyakit. Hal ini akan membantu anda mempersiapkan diri dalam berbagai keadaan yang mungkin akan terjadi.

  1. Berbagi Pengalaman

Jika anda memiliki teman yang sedang atau sudah pernah hamil, banyaklah berbagi pengalaman dengan dirinya. Kalau tidak, anda bisa menjadi anggota dari sebuah grup di media sosial yang mengkhususkan diri pada persiapan kehamilan. Di grup, anda akan menemukan banyak kasus beserta solusinya dari sesama anggota. Semakin banyak anda terlibat dalam diskusi akan semakin baik. Anda akan menemukan semangat dan keyakinan yang lebih besar tumbuh dalam diri anda jika bergaul bersama para Calon Ibu lain yang juga sedang mempersiapkan kehamilannya.

 

Selamat berusaha, tetap berpikir positif dan yakinkan diri Anda bahwa program kehamilan Anda akan berhasil. (*arsh)



0 Comments on "Mempersiapkan Mental Sebelum Kehamilan"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply