Highlights

Makanan Baik Untuk Ibu Menyusui Saat Berpuasa

Memakan makanan sehat sangat bagus untuk ibu menyusui ekslusif

Bulan suci Ramadhan memang selalu dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia ini. Perayaan yang hanya ada setahun sekali ini selalu digunakan oleh umat muslim dalam mencari kebaikan. Salah satu kewajiban untuk umat muslim selama bulan puasa adalah melaksanakan puasa Ramadhan. Walaupun ini wajib untuk dilaksanakan, ada beberapa kriteria seseorang yang boleh tidak diperkenankan berpuasa selama bulan Ramadhan. Orang tersebut adalah orang yang sakit, orang musafir, orang tua lanjut usia, dan wanita hamil atau menyusui.

Sebenarnya wanita hamil dan menyusui, masih boleh untuk melaksanakan puasa. Namun apabila, ia merasa takut terhadap janin yang berada di kandungannya atau takut terhadap bayi yang dia sapih karena berpuasa, maka mereka boleh untuk tidak melaksanakan puasa.

Apa para Mama yang sedang menyusui ingin melaksanakan puasa? Tetapi takut bila sang buah hati kekurangan asupan makanan bila kita berpuasa? Maka sebaiknya, sekarang Mama harus memperhatikan asupan makanan agar kita bisa tetap berpuasa dan menyusui sang anak tanpa kekurangan asupannya.

Makanan apa yang harus dimakan oleh Mama selama bulan puasa ini? Apakah itu akan cukup untuk Mama dan buah hati? Seperti yang kita tahu, bahwa setiap makanan yang kita makan, zat makanan tersebut akan terbagi untuk sang buah hati. Maka dari itu, Mama akan sering merasa lapar bila sudah menyusukan sang buah hati.

Dibawah ini ada beberapa makanan yang bisa Mama coba agar dapat merasakan puasa.

  1. Kacang – kacangan

Carilah makanan yang bisa memperbanyak ASI. Salah satunya adalah kacang – kacangan. Kandungan yang terdapat pada kacang dipercaya dapat memperbanyak ASI. Seperti kacang hijau, kacang almond, ataupun kacang merah kaya akan protein, tiamin, zat besi, dan kalium. Vitamin B1 dapat mengubah kabohidrat menjadi energi yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Makanlah kacang – kacangan saat sahur untuk meningkatkan kualitas ASI.

  1. Kurma

Sudah menjadi rahasia umum, kurma adalah salah satu makanan yang mempunyai banyak manfaat. Selain menjadi makanan yang disarankan saat berbuka puasa, ternyata kurma sangat baik untuk Mama menyusui. Kurma sangat banyak mengandung vitamin yang bisa memproduksi ASI berkualitas. Selain itu, memakan kurma dapat memacu kontraksi di pembuluh darah vena yang ada di sekitar payudara ibu, ini akan memacu kelenjar air susu untuk selalu memproduksi ASI.

Makanlah kurma ketika sahur dan berbuka puasa minimal 5 buah. Dengan begitu, ibu akan tetap bisa menyusui selama menjalankan ibadah puasa.

  1. Ubi Jalar

Laktagogum adalah salah satu kandungan yang bisa memproduksi ASI dengan lancar. Kandungan tersebut biasanya ada pada makanan ubi jalar. Tak hanya mengandung laktagogum, ubi jalar mengandung protein, lemak, kabohidrat, kalori, serat, kalsium, fosfot, zat besi, karoten, vitamin B1, B2, C dan asam nikotinat. Kandungan yang ada sangat penting untuk ibu menyusui. Maka dari itu, memakan 1 buah ubi jalar merah sedang sudah memenuhi hingga 42% kecukupan vitamin C selam sehari.

Tidak hanya ubinya saja, ternyata daun ubi jalar lebih bisa meningkatkan produksi ASI. Daun ubi jalar mengandung karotenoid dan zat besi. Daun ubi jalar bisa dimakan dengan dijadikan sayur bening ataupun rebusan air untuk diminum. Beberapa negara lain sudah membuktikan bahwa daun ubi jalar ini dapat meningkatkan kualitas ASI. Tapi yang perlu di ingatkan, dalam memilih daun ubi jalar, harus organic atau tidak menggunakan pestisida karena zat dari pestisida tidak baik untuk sang buah hati.

  1. Asparagus

Sayuran ini dikenal dengan manfaatnya untuk melangsingkan badan. Tetapi selain itu, ternyata kandungan gizi pada asparagus sangat baik untuk ibu menyusui. Asparagus mempunyai kandungan asam folat yang sangat baik untuk kondisi ibu menyusui. Makanlah asparagus ketika setelah berbuka puasa dan ketika sahur yang sudah dimasak sebagai lauk pauk. Hanya memakan asparagus, bisa mendapat dua keuntungan sekaligus bukan? Dapat melangsingkan badan dan menambah produksi ASI.

  1. Buah yang mengandung banyak air

Buah seperti semangka, melon, timun suri, jeruk, papaya mengandung banyak air. Seharian berpuasa membuat kita kekurangan produksi air. Selain minum air putih yang banyak, buah yang mengandung banyak air dapat membantu mengurangi dehidrasi. Apalagi untuk para Mama yang menyusui, pasti akan mengalami dehidrasi 2 kali lipat karena mengeluarkan air untuk sang buah hati.

Selain buah, untuk mengurangi dehidrasi dapat diakali dengan madu. Buah yang diberi madu ataupun air diberi madu bisa Mama minum saat berbuka puasa dan ketika sahur.

Itulah beberapa makanan yang bisa Mama coba apabila ingin berpuasa namun tetap menyusui. Apalagi untuk Mama yang sedang memberikan asi ekslusif untuk sang buah hati. Maka asupan makanan harus dipertimbangkan dan diatur sedemikian rupa agar Mama lancar berpuasa, dan buah hati lancar menyusu tanpa kekurangan vitamin.

Tags:


0 Comments on "Makanan Baik Untuk Ibu Menyusui Saat Berpuasa"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply