Highlights

Jadi Lebih Peka, Yuk Dukung Mama Sukses MengASIhi dengan 3 Hal ini!

March 17, 2018 By 0 Comments

Setiap wanita, terlebih mereka yang telah bertransformasi menjadi seorang Mama pasti akan sangat memimpikan dapat memberikan ASI pada buah hatinya secara eksklusif. Karena ASI merupakan anugerah Tuhan yang membuat Mama merasa bahagia dan bangga akan tugas barunya menjadi seorang Ibu.

Sudah tidak dipungkiri lagi, banyak riset dan penelitian bahkan pengalaman nyata yang menyebutkan betapa luar biasanya efek dari ASI, baik untuk Mama maupun buah hati. Namun terkadang, ada beberapa hal yang akhirnya membuat Mama merasa down, tidak berhasil dalam menyusui.

Terdapat tiga hal yang dirangkum Rumpibayi kaitannya yang menjadi faktor keberhasilan tersebut. Apa saja faktor-faktor tersebut? Langsung kita bahas di bahas.

  1. Informasi

Informasi menjadi hal yang memiliki pengaruh kuat pada Mama menyusui. Terlebih dengan semakin mudahnya tenologi sekarang membantu Mama mendapatkan informasi, yang belum tentu benar. Mama akhirnya kebingungan untuk melakukan filtrasi terhadap informasi tersebut.

Jangan bingung Ma, setiap Mama memiliki pengalaman dan kisah tersendiri saat menyusui, yang terkadang berbeda. Untuk itu, akan lebih baik jika Mama melakukan konsultasi dengan ahli, seperti bidan, dokter, atau ahli medis yang memang ekspertis di bidang laktasi. Karena informasi yang diberikan sudah barang tentu dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Dukungan

Selain informasi, hal penting lainnya yang harus dimiliki oleh Mama untuk sukses menyusui buah hati adalah dukungan dari sekitarnya, terutama pasangan dan keluarga terdekatnya. Dengan adanya dukungan tersebut, Mama akan cenderung merasa nyaman, sehingga tak khawatir dan mudah merasa bahagia. Hal ini akan memicu hormon oksitosin yang dibutuhkan untuk dapat memproduksi ASI dengan baik.

Banyak kasus kegagalan yang terjadi biasanya dikarenakan kurangnya dukungan, utamanya dari pasangan. Untuk itu, seperti dikutip dari akun Ayah ASI Indonesia, “bikinnya berdua, ngurus anaknya juga berdua”. Hal ini harus ditunjukkan dengan dukungan penuh yang dilakukan pasangan kepada Mama saat masa-masa menyusui.

  1. Membandingkan ASI dengan Susu Formula

Banyak yang menyerang karena tidak bisa memberikan ASI, alhasil lingkungan terdekat seperti keluarga atau teman menyarankan untuk menggunakan susu formula.

“Seorang bayi yang diberi ASI memang akan lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang diberi susu formula. Tapi manfaat ASI itu luar biasa, sehingga penting,” tambah dr. Utami.

Saat Mama merasa lelah karena produksi ASI yang tidak sesuai ekspektasi, ditambah kurangnya dukungan baik keluarga maupun lingkungan, akan banyak godaan dan rekomendasi pada Mama agar memberikan susu formula pada buah hati.

Memang, jika dilihat buah hati yang mengonsumsi susu formula akan terlihat lebih sehat daripada buah hati ASI, namun lagi-lagi ASI memiliki kandungan serta manfaat yang luar biasa untuk buah hati.

Jadi, sebisa mungkin, kondiskan diri Mama untuk berada di lingkungan yang memberikan Mama dukungan dan perasaan nyaman untuk dapat mengASIhi dengan maksimal.



0 Comments on "Jadi Lebih Peka, Yuk Dukung Mama Sukses MengASIhi dengan 3 Hal ini!"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply