Highlights

INGIN CEPAT HAMIL? LAKUKAN 9 TIPS DI BAWAH INI!

December 12, 2017 By 0 Comments

Memiliki buah hati menjadi idaman dari setiap pasangan suami istri, termasuk juga Mama dan pasangan. Untuk itu, banyak persiapan yang Mama lakukan sejak memutuskan untuk ingin segera menimang momongan. Meski begitu, tak sedikit Mama dan pasangan yang harus menunggu sedikit lama dalam mendapatkan buah hati. Alasannya banyak, bisa jadi karena ada beberapa hal dasar yang mungkin terlewat.

Untuk Mama dan pasangan yang ingin cepat mendapatkan buah hati, berikut Rumpibayi rangkum beberapa cara cepat hamil seperti yang terdapat di bawah ini.

 

Cek HSG (Hysterosalpingogram)

HSG atau hysterosalpingogram adalah sebuah tes X-Ray untuk melihat kemungkinan terdapatnya penyumbatan di dalam saluran tuba falopi. Cara yang dilakukan pada proses ini adalah dengan menggunakan sebuah cairan kontras, di mana cairan ini akan ditempatkan ke dalam sebuah pipa untuk diletakkan di uterus melaluiu vagina. Cairan yang ditumpahkan tersebut nantinya akan mengalir ke dalam saluran tuba falopi.

Setelah itu, akan dilakukan x-ray yang digunakan untuk melihat adakah kelainan entah itu terdapatnya luka maupun bentuk yang tidak normal yang terjadi pada tuba falopi dan uterus, juga kemungkinan penyumbatan di saluran tuba. Tujuan utama dari tes ini adalah untuk mengecek kemungkinan penyumbatan saluran tuba pada rahim dalam tubuh Anda, yang jika hasilnya negatif itu berarti Anda dapat mengandung buah hati.

 

Kenali Siklus Haid

Mengetahui siklus haid adalah hal dasar yang harus Mama perhatikan jika Mama dalam masa untuk merencanakan kehamilan segera. Siklus haid sendirimerupan rentang jumlah hari yang terjadi mulai dari hari pertama Mama mengalami haid hingga masuk ke hari pertama haid berikutnya. Mengetahui hitungan siklus tersebut akan membantu Mama dalam menandai kapan jadwal terjadinya ovulasi pada Mama. (ovulasi: keluarnya sel telur dari ovarium)

Misalnya saja, Mama memiliki siklus hadi 28 hari, maka Mama akan memiliki 6 hari di mana pada hari tersebut kemungkinan Mama untuk hamil akan lebih tinggi, yaitu 5 hari sebelum terjadinya ovulasi ditambah 1 hari saat terjadinya ovulasi. Hari-hari tersebutlah disebut dengan masa subur.

Mama harus awas dan terus memperhatikan siklus haid ini. Hal ini karena adanya kemungkinan untuk siklus haid dapat berubah tanggalnya di tiap bulannya. Untuk itu, penting bagi Mama memiliki jurnal siklus haid sebagai catatan agar Mama dapat menandai hari pertama sampai selesainya masa menstruasi sebagai perekaman dan penanda, siklus terpanjang dan terpendek Mama. Dengan begitu nantinya Mama akan lebih mudah dalam memperkirakan waktu di mana Mama sedang dalam masa subur.

 

Hitung Masa Subur

Langkah berikutnya dalam tips agar cepat hamil setelah mengetahui siklus dari haid terpendek dan terpanjang Mama adalah dengan menghitung masa subur Mama. Masa subur ini dapat Mama ketahui dengan menggunakan sebuah rumus sederhana dengan data rekaman siklus haid terpendek dan terpanjang selama minimal 8 bulan.

Rumus menentukan masa subur

  • Siklus terpendek – 18hari = hari pertama masa subur

Siklus terpendek dikurangi 18 hari hasilnya sama dengan hari pertama masa subur Mama. Jadi, misalkan Mama memiliki siklus terpendek selama 25 hari, maka hari pertama masa subuh Mama adalah 25-18=7, yaitu hari ke 7.

  • Siklus terpanjang – 11 hari = hari terakhir masa subur

Siklus terpanjang dikurangi 11 hari hasilnya sama dengan hari terakhir masa subur Mama. Jadi, semisal Mama memiliki siklus terpanjang 29 hari, maka hari terakhir masa subur Mama adalah 29-11=17, yaitu hari ke 17.

Idealnya masa subur yang baik adalah ada rentang hari ke 9 – 19.

 

Pastikan ovulasi

Proses ovulasi pada upaya cepat hamil yang Mama sedang jalani merupakan salahsatuhal yang harus benar-benar diperhatikan. Untuk itu, ada baiknya setelah mengetahui rentang masa ovulasi Mama, Mama juga menandai gejala yang Mama rasakan saat sedang dalam masa ovulasi. Dengan mengenali gejala yang terjadi saat ovulasi tersebut, Mama dan pasangan dapat lebih menyiapkan diri. Hal ini juga berkaitan dengan penentuan waktu terbaik untuk melakukan hubungan yang tepat agar makin memperbesar kemungkinan hamil terjadi pada Mama.

  1. Suhu basal tubuh. Saat terjadi ovulasi, proses ini akan berpengaruh pada suhu tubuh Mama yang cenderung meningkat, terutama saat suhu basal tubuh. Suhu basal tubuh sendiri merupakan suhu di mana saat Mama sedang beristirahat. Mama dapat mengecek suhu tersebut dengan menggunakan termometer khusus. Biasanya akan terjadi selisih 0.1-0.2 derajat celcius.
  2. Keputihan. Keputihan merupakan lendir yang terdapat pada leher rahim yang merupakan penanda bahwa Mama sedang masuk dalam masa subur. Saat jadwal haid Mama selesai, Mama akan mendapati lendir pada leher rahim secara perlahan meningkat dan memiliki tekstur yang berbeda. Pada masa subur, lendir ini cenderung cair sehingga membantu mempermudah dalamproses masuknya sperma dalam tuba falopi untuk melebur bersama sel telur.
  3. Merasa lebih bergairah. Mama sadari atau tidak, saat masuk masa ovulasi ini, Mama akan merasa lebih bergairah untuk melakukan hubungan badan bersama pasangan. Selain ketertarikan lebih yang Mama rasakan, Mama juga akan terlihat lebih menarik di mata pasangan Mama. Hal ini karena saat masa ovulasi, tubuh Mama secara alami mengeluarkan wangi berbeda yang menarik pasangan Mama.
  4. Sakit pada bagian perut. Kram atau rasa sakit pada bagian perut (mittelschmerz) ini diakui sebagian dari Mama dirasakan pada bagian ovarium, perut bagian bawah, terjadi saat masa ovulasi. Selain pada bagian perut, rasa sakit ini juga seringkali muncul pada salah satu bagian punggung

 

Cek sperma

Penting untuk melakukan pengecekan kesuburan tak hanya pada Mama saja, tapi juga pada pasangan Mama, yaitu dengan melakukan pengecekan sperma sejak dini. Ini bukan tanpa sebab, melainkan karena beberapa dat yang menunjukkan bahwa terdapat sekitar 40% masalah ketidaksuburan yang ini terjadi pada pihak pria.

Memastikan kondisi sperma dalam kualitas prima akan meningkatkan peluang dan kemampuan sperma dapat membuahi sel telur. Kriteria sperma dikatakan baik antara lain memiliki jumlah minimal 39 jut per ejakulasi yang setara minimal 15 juta per milimeter. Selain itu, sperma sehat dan kuat yang ditandai dengan motilitas yang baik, dan terakhir sperma memiliki bentuk atau morfologi yang normal.

 

Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan

Hal yang tak kalah penting berkaitan dengan langkah agar cepat hamil yang dapat Mama lakukan adalah dengan mengonsumsu makanan yang dapat meningkatkan kesuburan. Penting bagi Mama untuk memperhatikan asupan nutrisi dengan menghindari beberapa makanan tertentu yang memiliki dampak buruk dan mengurangi kemungkinan memberi dampak buruk pada kondisi tubuh terutama yang menunjang kehamilan. Selain itu, pastikan Mama juga memperbanyak konsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan, seperti misalnya asam folat, zat besi, dan lainnya.

 

Jaga berat badan

Menjaga berat badan menjadi hal penting yang harus diperhatikan saat Mama ingin cepat hamil. Halini karena Mama dengan berat badan normal, memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk hamil jika dibandingkan dengan Mama yang memiliki berat badan lebih atau kurang.

Namun, tugas untuk menjaga berat badan ini bukan hanya milik Mama saja, tetapi juga pasangan Mama. Sama halnya dengan pengaruh berat badan pada kesuburan Mama, pria dengan berat badan lebih memiliki kecenderungan mempunyai masalah pada spermanya. Kebanyakan pria dengan badan berlebih memiliki jumlah sperma yang cenderung sedikit, terdapatnya kelainan morfologi, dan terjadinya keterlambatan motilitas.

Tak hanya berat badan berlebih, berat badan kurang juga memiliki dampak hampir serupa. Mama yang memiliki berat badan kurang, cenderung kesulitan untuk hamil. Untuk itu, menjaga pola makan agar berat badan berada pada angka ideal adalah keharusan supaya mimpi bisa cepat hamil segera terealisasi.

Untuk Mama yang ingin hamil, 20-25 merupakan angka indeks massa tubuh ideal. Jika angka yang Mama miliki kurang dari atau lebih dari angka tersebut, kemungkinan hamilakan sedikit lebih sulit.

Maka dari itu, disarankan bagi Mama dan pasangan yang sedang dalam rencana untuk hamil supaya melakukan diet atau tidak makan berlebihan, pola makan diatur, jangan makan sembarangan.

 

Olah raga yang cukup

Metode cepat hamil yang dapat Mama dan pasangan lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan olah raga. Olah raga merupakan hal wajib dilakukan oleh Mama dan pasangan jika berkeinginan untuk mendapatkan buah hati segera. Hal ini karena olah raga dapat membantu Mama dan pasangan untuk menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Selain itu, olah raga juga dapat menjadi proses detoks baik.

Tapi harus Mam dan pasangan ingat, meski olah raga baik untuk kesehatan tubuh, hindari untuk melakukan olah raga terlalu beraat. Karena olah raga yang terlalu berat justru akan membuat hormon reproduksi terganggu pertumbuhannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan siklus haid dari atlet yang cenderung tidak teratur, terutama atlet dengan porsi latihan yang cukup berat.

Untuk itu, memilih olah raga yang tepat menjadi kunci dari suksesnya rencana kehamilan Mama. Mama bisa melakukan olah raga minim cederan dilakukan rutin selama 30 menit setiap hari seperti, jogging, berjalan, yoga, bersepeda, berenang, lompat tali, dan sebagainya.

 

Gunakan Posisi Berhubungan Badan Yang Tepat

Posisi saat berhubungan memiliki probabilitas yang cukup besar dalam membantu terjadinya kehamilan yang Mama idamkan. Banyak pakar berpendapat bahwa posisi pasangan Mama yang beerada di atas saat Mama dan pasangan sedang berhubungan memiliki peluang paling baik agar cepat hamil.

Supaya lebih efektif, Mama dapat mengganjal pinggul Mama menggunakan bantal. Hal ini agar serviks dapat menampung lebih banyak sperma. Setelah terjadi ejakulasi pada kedua pasangan, sebaiknya Mama tetap dalam posisi berbaring sekitar 10 sampai dengan 20 menit. Hindari langsung bangkit karena saat tersebut cairan semen akan mencair. Jika Mama dalam posisi tegak, cairan tersebut akan kembali ke dalam vagina dan berpotensi untuk melemahkan bahkan mematikan sperma.

Tips-tips di atas merupakan beberapa tips yang bisa Mama coba praktekan bersama pasangan. Namun, untuk lebih akurat tentang usaha cepat hamil yang sedang Mama upayakan, ada baiknya Mama melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis supaya hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Selamat mencoba, Ma!



0 Comments on "INGIN CEPAT HAMIL? LAKUKAN 9 TIPS DI BAWAH INI!"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply