Highlights

Dampak Memberi Buah Hati Irisan Lemon

Mama pasti sering melihat video seorang anak diberi irisan lemon buat dimakannya bukan? Biasanya video tersebut untuk mengabadikan sang anak untuk pertama kalinya memakan lemon. Sebenarnya apakah itu aman untuk dikonsumsi anak bayi? Apa ada manfaatnya untuk sang anak? Seperti yang mama tahu, lemon mempunyai banyak mengandung vitamin C, magnesium dan kalsium. Mungkin para mama sudah pernah memberi sang anak irisan lemon tersebut. Sepertinya, mulai sekarang Mama harus menghentikannya. Ternyata hal ini dapat berdampak yang kurang baik untuk sang buah hati. Apa dampaknya? Baca ulasannya dibawah ini ya Ma.

– Merusak Gigi

Dalam irisan lemon terdapat kandungan asam askorbat yang sangat tinggi. Kandungan ini bisa merusak email di gigi bayi dan menyebabkan gigi sensitif.

– Tidak suka asam

Bayi secara alami hanya tertarik dengan makanan yang mempunyai rasa ringan dan manis. Bayi tidak menyukai lemon bila tidak Mama yang memberikannya.

– Merusak pencernaan

Asamnya irisan lemon bisa membuat bayi Mama mengalami diare atau gangguan pencernaan. Daripada Mama harus melihat bayi kita sakit, lebih baik kita hindari saja dengan tidak memberi irisan lemon langsung.

– Alergi

Tidak semua anak bisa menerima asam dalam tubuhnya. Beberapa anak memiliki kepekaan terhadap asam dalam lemon. Kepekaan ini bisa mengakibatkan reaksi alergi. Tak selalu gatal dalam reaksi alergi ini, Alergi ini bisa ruam popok atau ruam di sekitar mulut dan bibir.

Sebenarnya tidak hanya lemon yang dilarang untuk bayi. Buah – buahan yang mengandung rasa asam sangat tidak dianjurkan untuk diberikan langsung kepada bayi hingga usia setahun. Cari buah yang mengandung rasa manis bila ingin diberikan secara langsung. Apalagi dalam usia 7 bulan hingga satu tahun. Sang anak sedang masa tumbuh gigi, yang membuat gusi terasa gatal. Daripada sang buah hati memakan barang yang ada disekitar, lebih baik diganti oleh buah yang mempunyai tekstur sedikit keras

Irisan Lemon Beralih Ke Minuman Juice

Jadi buah asam tidak boleh dimakan oleh bayi? Boleh saja kalau diberi dengan cara yang benar. Cara benar yang seperti apa? Daripada memberikan sang anak irisan lemon langsung, lebih baik diberikan jus. Zat utama dalam jus adalah cairan yang berguna untuk mengimbangi makanan padat yang dikonsumsi sang anak sehingga makanan padat lebih mudah untuk di cerna dan disaring oleh ginjal. Tapi ingat ya mama, jangan memberikannya secara berlebihan karena anak akan mengalami gangguan pencernaan.

Untuk awal memperkenalkan buah kepada sang anak, berikan sekitar 30-50 ml jus buah. Perhatikan reaksi sang anak, jika terjadi yang tak di inginkan, gantilah buah lain sampai menemukan yang cocok.

Jangan karena tidak baik untuk bayi, Mama tidak memberi buah hati lemon ya. Perlu diketahui yang tidak boleh adalah memberinya langsung irisan lemon. Karena buah lemon sendiri sangat banyak manfaatnya. Tak hanya untuk orang dewasa tetapi untuk sang buah hati.

– Lemon berguna untuk mengurangi dehidrasi sang anak selama musim panas. Panasnya udara memang seringkali membuat kita dehidrasi, kita para mama pun seringkali dehidrasi saat musim panas. Apalagi sang anak yang masih butuh perhatian kita. Janga n sampai anak kita mengalami dehidrasi.

– Tak hanya untuk mengurangi dehidrasi, lemon bisa mengobati penyakit Scurvy. Penyakit mulut dan kulit akibat kekurangan vitamin C dan asam askorbat dalam tubuh.

– Bila sang anak mengalami gangguan pencernaan kronik, gangguan syaraf dan refluks perut atau istilahnya sang anak memuntahkan kembali makanannya, lemon bisa dijadikan obat untuk sang anak. Hanya memberi ½ sendok teh jus lemon dengan satu sendok madu. Obat yang sangat murah bukan, dan juga bisa mengurangi masuknya obat-obatan kimia ke dalam tubuh sang anak.

Pemberian jus ini pun harus pada bayi yang memang sudah MPASI atau pada bayi usia 7 bulan keatas. Pemberian jus sangat tidak disarankan pada bayi dengan usia 0-6 bulan, karena masa itu pencernaan bayi belum dapat bekerja dengan baik.

Dalam pembuatan jus pula harus di perhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Jika terlalu banyak gula dalam jus dapat menyebabkan masalah pada gigi anak seperti karies gigi.

Dalam masa tumbuh kembang anak, kita sebagai orang tua sangat menantikan setiap harinya. Ada saja tingkah sang anak yang selalu membuat kita sebagai orang tua berbangga hati. Memang tidak mudah dalam mendidik anak agar sesuai dengan keinginan orang tua. Daripada memaksakan sang anak untuk mengikuti kehendak orang tua, lebih baik membiarkan sang anak tumbuh kembang sesuai dengan kemampuan mereka. Kita para orang tua hanya dapat memberi tahu mana yang terbaik atau tidak, karena pada dasarnya setiap anak yang lahir memiliki kemampuannya masing-masing. Untuk info lebih lanjut mengenai apa apa saja yang tidak boleh dilakukan atau mencari tahu bagaimana mengatasi anak, Mama bisa bergabung dengan kita untuk mendapatkan informasi lainnya di rumpibayi.



0 Comments on "Dampak Memberi Buah Hati Irisan Lemon"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply