Pola Asuh Anak Yang Baik Masih Harus Dilakukan Meskipun Si Kecil Sudah Sekolah  

  RSS
MamaIndri
(@mamaindri)
New Member Registered

Ada satu alasan penting mengapa bunda harus tahu banyak hal mengenai pola asuh anak yang baik. Bukan hanya untuk memastikan perkembangan anak baik. Tidak pula agar anak tumbuh cerdas. Lebih dari itu, pola asuh yang baik akan membuat anak bersiap untuk bersosialisasi dengan anak-anak lain, terutama ketika anak sudah masuk usia sekolah.

Akan tetapi, bukan berarti tugas bunda sudah selesai saat anak sudah sekolah. Ketika anak sudah sekolah, itu tidak berarti tanggungjawab pengasuhan dan pengembangan anak usia dini berada di tangan pendidik atau guru. Peran bunda juga masih sangat penting. Bunda sebagai orang tua memiliki peran yang tidak bisa digantikan oleh orang lain.

Pemahaman ini yang sering tidak dimengerti oleh orang tua. Mereka merasa sekolah lah yang menentukan kecerdasan dan perkembangan anak. Hal ini membuat banyak orang tua yang akhirnya menyalahkan guru jika anak tidak tumbuh dengan baik. Mereka akan dengan mati-matian mencarikan sekolah yang terbaik meskipun biaya sekolahnya tinggi. Padahal, sekolah di mana pun, peran bunda masih tetap ada dan masih sangat mempengaruhi perkembangan sang buah hati.

Di sisi lain, pola asuh pra sekolah yang bunda lakukan juga berpengaruh terhadap anak ketika ia harus masuk sekolah. Jangan sampai anak harus menangis dan rewel saat ia harus masuk sekolah ya. Terapkan pola asuh anak yang baik yang membuatnya siap bersekolah dan bersosialisasi di lingkungan baru.

  1. Mengenalkan Lingkungan Sekolah

Sebenarnya, semenjak masih bayi, bunda seharusnya sudah membiasakan si kecil mengenal banyak lingkungan. Tidak hanya lingkungan rumah atau keluarga, tapi juga tetangga, kampung, kompleks perumahan, dan lain sebagainya. Dan saat ia sudah menginjak balita, terutama ketika usianya 2-3 tahun, bunda bisa mengajak anak untuk mengenal lingkungan sekolah. Ajak ia ke PAUD terdekat. Biarkan anak mencoba bermain di taman bermain PAUD tersebut.

 

Itu cara terbaik agar anak mengenal lingkungan sekolah. Dengan mengenal lingkungan tersebut, ia tidak lagi takut jika anak sudah masuk usia sekolah. Bunda bisa dengan santai mengantar anak ke sekolah di hari pertama dan membiarkan anak masuk ke kelas tanpa harus bunda temani.

 

  1. Persiapan Matang

Ini bukan sekedar persiapan peralatan sekolah seperti seragam, tas, sepatu, dan alat-alat tulis lainnya. Ini lebih ke persiapan secara mental.

 

Ada beberapa pertanyaan yang harus bunda jawab untuk memastikan anak sudah siap bersekolah.

  • Apakah anak sudah bisa berkomunikasi dengan baik?
  • Apakah anak sudah tahu bagaimana cara berkenalan dan bermain bersama anak-anak lainnya?
  • Apakah anak takut jika bertemu dengan orang baru?

Jika jawaban atas pertanyaan tersebut positif, maka bunda tidak perlu ragu lagi untuk memasukkan anak ke salah satu sekolah. Dan itu artinya bunda sudah berhasil menerapkan pola asuh anak yang baik.

Setidaknya dua hal tersebut yang harus bunda lakukan mulai sekarang agar anak siap untuk bersekolah. Bisa dikatakan puncak keberhasilan bunda dalam mengasuh anak itu ketika anak sudah bisa bersosialisasi dengan anak-anak lain dan mau sekolah.

Terdengar mudah, bukan? Padahal, banyak orang tua yang gagal melakukan hal tersebut. Banyak anak yang menangis di hari pertama sekolah. Ada yang meminta orang tuanya menemaninya di kelas di hari-hari pertama sekolah. Bahkan, ada juga yang tidak mau sekolah.

Jadi, bunda sudah tahu kan ada tujuan yang sangat penting sehingga pola asuh anak yang baik harus benar-benar diperhatikan?

ReplyQuote
Posted : 28/06/2018 9:35 am
  
Working

Please Login or Register