Highlights

Cara Mencegah Keguguran Berulang

May 4, 2017 By 0 Comments

Ketika pertama kali mengetahui kondisi kehamilannya, setiap calon mama pasti merasa sangat bahagia. Bayangan menggendong dan menyusui bayi sebentar lagi akan menjadi kenyataan. Namun, ada kalanya takdir berkehendak lain. Ternyata ada masalah di tengah-tengah kehamilan sehingga menyebabkan keguguran janin. Peristiwa keguguran pertama yang pernah terjadi pada umumnya meninggalkan duka mendalam buat mama hamil. Harapannya, pada kehamilan yang berikutnya tidak terjadi keguguran lagi. Namun, ada pula mama hamil yang mengalami keguguran berulang. Jika seperti itu maka mama harus memastikan apa penyebab pasti dari keguguran supaya bisa dilakukan pengobatan.

Keguguran berulang adalah peristiwa keguguran yang dialami mama selama minimal dua kali berturut-turut. Ada beberapa hal yang menyebabkan seorang mama hamil mengalami keguguran berulang, yakni:

Kelainan Anatomi Rahim

Terdapat kelainan anatomi rahim seperti rahim bersekat atau rahim kecil.

Genetik

Keguguran juga bisa disebabkan karena kelainan pada kromosom yang didapat secara genetik. Kelainan kromosom mengakibatkan embrio tidak bisa berkembang dengan baik di dalam rahim.

Hormonal

Kondisi hormonal yang tidak bisa dikontrol akan memberikan efek embrio susah bertahan hidup di dalam rahim mama. Contoh kondisi hormonal seperti tubuh mama memproduksi hormon prolaktin yang berlebihan sehingga mengganggu perkembangan sel telur yang baru dibuahi atau mungkin hormon progestero terlalu sedikit sehingga plasenta tidak bisa matang.

Infeksi

Infeksi biasanya disebabkan oleh Virus TORCH (Toxoplasmosis, Rubela, Citomegalovirus, HIV, Herpes Simpleks).

Kelainan Darah

Kelainan darah dapat mengganggu proses pertumbuhan plasenta sehingga menghambat jalur nutrisi ke janin.

Gaya Hidup

Kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi alkohol dan merokok juga dapat menyebabkan keguguran.

Lingkungan

Lingkungan di sini maksudnya adalah seberapa sering mama hamil terkontaminasi dengan zat-zat kimia yang berbahaya. Bisa berasal dari air yang tercemar limbah, dari penggunaan obat-obatan dan kosmetika yang mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya, atau bisa juga dari makanan yang terkontaminasi bakteri berbahaya.

Apabila mama hamil telah mengetahu apa penyebab terjadinya keguguran berulang yang dialaminya, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter supaya dapat melakukan tindakan untuk mencegah keguguran kembali di kehamilan berikutnya. Ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya keguguran berulang yakni:

  • Kelainan anatomi rahim memerlukan tindakan koreksi dengan cara operasi.
  • Mama hamil dapat melakukan serangkaian tes darah untuk mengetahui penyakit/ kelainan yang dideritanya yang dapat mempengaruhi kesehatan janin. Apabila ada kelainan maka mama bisa berkonsultasi dengan dokter sepesialis penyakit tersebut dan memperoleh terapi yang dibutuhkan.
  • Tidak ada pengobatan yang bisa dilakukan apabila penyebab keguguran berulang adalah karena faktor genetik. Namun, teknologi kedokteran di masa sekarang dapat mempertahankan janin dalam rahim sampai usia kandungan tertentu.
  • Apabila penyebabnya adalah gaya hidup, maka mama hamil harus mau mengubah kebiasaannya yang bisa membahayakan janin.
  • Selain itu mama juga harus menghindari faktor lingkungan yang berdampak buruk bagi kehamilan.

Menurut penelitian, 75% mama hamil yang pernah mengalami kedokteran bisa hamil kembali. Jadi, tetap semangat ya, mama! Semoga kehamilan berikutnya lancar dan sehat hingga persalinan.



0 Comments on "Cara Mencegah Keguguran Berulang"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply