Highlights

Begini Cara Atasi Cegukan yang Sering Dialami Buah Hati!

March 8, 2018 By 0 Comments

Bukan hanya Mama yang akan mengalami hal ini sesaat setelah makan atau minum, buah hati pun juga memiliki kemungkinan yang sama. Tapi, Mama tak perlu khawatir jika mendapati buah hati Mama mengalami cegukan. Karena hal tersebut normal terjadi, baik untuk Mama sebagai orang dewasa maupun buah hati yang masih berusia dini.

Cegukan sendiri sebenarnya merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya kontraksi yang cukup kuat yang terdapat pada diafragma sehingga menyebabkan otot pada bagian tersebut naik turun saat buah hati menarik napasnya.

Kondisi ini terjadi akibat bayi minum terlalu cepat, makan terlalu cepat, makan terlalu banyak, menelan udara terlalu banyak, posisi ibu saat memberikan ASI yang tidak tepat, bahkan tertawa berlebihan serta saat ia minum minuman yang terlalu panas atau dingin dapat juga menjadi pemicunya.

Banyak hal yang memicu terjadinya cegukan pada buah hati, di antaranya buah hati menyusu atau minum dan makan terlalu cepat, buah hati kemungkinan menelan udara terlalu banyak, posisi menyusi Mama yang tidak tepat, bahkan saat buah hati tertawa berlebihan pun dapat menjadi salah satu faktor terjadinya cegukan.

Jika Mama mendapati buah hati mengalami cegukan, coba lakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Sebisa mungkin hindari mengajak buah hati bercanda saat ia sedang makan atau minum.
  2. Saat Mama mendapati buah hati mengalami cegukan, berikan ia dua sendok air hangat. Berikan secara perlahan.
  3. Perhatikan intensitas buah hati Mama saat cegukan. Jika hal tersebut berlangsung cukup lama, baringkan buah hati di tempat tidurnya atau tempat yang datar, kemudian tekuk sedikit lututnya.
  4. Perbaiki posisi pelekatan saat memberikan ASI pada buah hati. Pastikan agar ketika buah hati menyusui, tidak banyak udara yang tertelan nantinya.

5. Jika Mama memberikan susu pada buah hati dengan botol, coba miringkan posisi botol tersebut ke sudut 45 derajat. Hal ini untuk membuat udara terdesak ke bagian bawah botol.



0 Comments on "Begini Cara Atasi Cegukan yang Sering Dialami Buah Hati!"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply