Highlights

Bagaimana Perkembangan Janin Selama Sembilan Bulan

May 4, 2017 By 0 Comments

Kehamilan adalah keajaiban. Bayangkan, ada makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang di dalam rahim Anda, semakin lama semakin besar, semakin  sempurna. Ia adalah manusia buah cinta Anda yang akan Anda rawat sepenuh hati selama sembilan bulan lamanya. Apa saja yang terjadi padanya di dalam kandungan Anda?

 

1. Trimester Pertama

 

Tiga bulan pertama kehamilan adalah masa yang sangat krusial bagi Anda dan janin. Mayoritas kasus keguguran terjadi pada masa ini. Oleh karena itu, perkembangan janin harus benar-benar diawasi.

 

Sebagian besar awal trimester pertama merupakan fase embriogenesis. Fase pembentukan embrio ini terjadi hingga minggu kesepuluh. Awalnya, embrio hanya berupa dua lapis sel yang sangat kecil. Biasanya, Anda baru menyadari kehamilan Anda pada minggu keempat karena baru saja mengalami telat datang bulan. Pada minggu keempat ini, embrio sudah mulai memiliki jaringan tulang belakang yang akan menjadi tempat perkembangan organ-organ lainnya.

 

Perkembangan embrio menjadi lebih pesat pada bulan kedua. Kemungkinan, pada tahap ini embrio sudah sebesar kacang merah. Pada akhir bulan kedua atau sekitar minggu kedelapan, organ, otot, dan sarafnya mulai berfungsi. Selaput pada kakinya mulai menghilang dan indera pengecapnya mulai bekerja.

 

Masa embriogenesis berakhir pada minggu kesepuluh. Artinya, pada bulan terakhir di trimester pertama ini, embrio sudah bisa disebut janin. Semua organ dan jaringan tubuhnya akan terbentuk layaknya manusia dewasa, meskipun ukuran janin masih sekitar 7-8 cm dan berat 100 gram. Pada tahap ini, janin Anda sudah memiliki sidik jari yang unik dari manusia-manusia lainnya.

 

 

2. Trimester Kedua

 

Selamat bila Anda sudah sampai di tahap ini. Mulai bulan keempat, mungkin Anda akan merasakan perubahan fisik yang lebih drastis dari sebelumnya, berat badan bertambah dan perut terlihat membesar. Namun, pada tahap ini biasanya morning sickness Anda sudah mulai berkurang. Lalu bagaimana dengan perkembangan si janin?

 

Pada akhir bulan keempat, janin Anda sudah berukuran sekitar 13 cm dan berat 140 gram. Pada tahap ini, tulang-tulangnya yang lentur lama kelamaan akan mulai mengeras. Ari-arinya semakin mengeras dan menguat, kelaminnya juga mulai terbentuk, meskipun Anda masih belum bisa mendeteksi jenis kelaminnya menggunakan USG. Umat Islam percaya bahwa pada tahap ini roh mulai ditiupkan ke janin, sehingga sebagian orang memiliki tradisi mengadakan selamatan empat bulanan.

 

Pada bulan kelima, janin sudah memiliki alis dan kelopak mata. Rambut di kulit kepalanya mulai tumbuh, sel saraf yang mengatur pancaindera (pengelihatan, perasa, peraba, pendengaran, penciuman) berkembang pada area masing-masing di dalam otak. Antara minggu ke-18 hingga ke-20, kemungkinan Anda akan merasakan pergerakan bayi untuk pertama kali–Anda akan benar-benar merasa sedang mengandung.

 

Pada bulan keenam, kulit janin Anda yang semula berkerut-kerut akan mulai menjadi lebih halus. Pendengarannya sudah lebih berkembang, sehingga pada tahap ini janin Anda sudah mulai bisa mendengar suara Anda (walau terdistorsi), merasakan detak jantung, serta gerakan perut Anda. Pada tahap ini Anda sudah mulai bisa berbicara kepadanya dengan penuh kasih sayang. Sebagian orang juga percaya bahwa memperdengarkan musik klasik (atau lantunan ayat-ayat suci) bisa memengaruhi perkembangan janin Anda menjadi lebih baik. Pada akhir trimester kedua ini, mungkin sudah saatnya Anda mengambil cuti hamil agar lebih bisa fokus pada kesehatan Anda dan janin.

 

 

3. Trimester Ketiga

 

Anda mungkin sudah tidak sabar untuk berjumpa dengan si buah hati. Jangan khawatir, Anda sudah melewati setengah perjalanan. Saatnya memasuki trimester ketiga.

 

Pada pertengahan bulan ketujuh, berat janin sudah mencapai 1 kg, bahkan bisa saja lebih. Ia sudah bisa membuka matanya dan melihat keadaan sekitar. Jika ada cahaya yang cukup terang selama terus-menerus dari luar perut Anda, ia akan mengedipkan mata. Di akhir bulan, panjang badannya berkisar antara 38-40 cm.

 

Perkembangan janin Anda semakin pesat. Pada bulan kedelapan, paru-parunya mulai terbentuk secara bertahap. Pembentukan paru-paru ini merupakan persiapan untuk bertahan hidup di luar rahim nanti. Selama di dalam kandungan, kerja paru-paru ini dilatih dengan menggunakan cairan amoniotik. Apabila bayi Anda terlahir prematur pada pertengahan bulan ini (sekitar minggu ke-32) maka ia akan memiliki kemungkinan yang besar untuk selamat dan sehat. Jika janin Anda laki-laki, testisnya sudah turun ke skrotum. Pada akhir bulan kedelapan, janin Anda memiliki berat sekitar 2,2 kg dan paru-parunya sudah berkembang dengan baik.

 

Bulan kesembilan adalah bulan yang mendebarkan. Anda akan segera melahirkan si buah hati, sang janin pun akan resmi menjadi bayi. Pada tahap ini janin sudah memiliki kuku jari tangan dan kaki secara penuh, memiliki ginjal yang utuh, dan hati yang mampu bekerja. Organ terakhir yang berkembang sempurna adalah paru-paru. Bahkan setelah lahir, paru-paru bayi masih harus menyesuaikan diri sebelum dapat berfungsi dengan baik. Mulai minggu ke-36, kehamilan Anda bisa dikatakan sudah sempurna dan Anda bisa melahirkan kapan saja. Periksa posisi bayi Anda secara berkala, sebab posisi bayi akan menentukan proses bersalin Anda. Selamat menyambut kedatangan si buah hati!



0 Comments on "Bagaimana Perkembangan Janin Selama Sembilan Bulan"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply