Highlights

6 Cara Mengatasi Anyang-anyangan Pada Mama Hamil

May 4, 2017 By 0 Comments

Sebagian mama hamil ada yang mengeluh ingin buang air kecil (BAK), namun yang keluar hanya sedikit-sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali. Kondisi semacam ini sering disebut dengan anyang-anyangan. Anyang-anyangan pada mama hamil sebenarnya adalah indikasi bahwa mama hamil terkena infeksi saluran kemih (ISK). ISK biasa terjadi ketika ada bakteri yang menyerang saluran kemih.

Anyang-anyangan pada mama hamil terjadi karena perubahan hormonal dan tertekannya kandung kemih oleh rahim yang makin membesar. Perubahan posisi kandung kemih juga mengakibatkan bakteri lebih mudah masuk ke kandung kemih melalui ureter. Akibatnya terjadi rangsangan untuk BAK secara terus menerus, meski tidak tuntas, karena urin tertahan dalam kandung kemih.

Banyak mama hamil menganggap sepele anyang-anyangan. Padahal, anyang-anyangan pada mama hamil, bukannya tidak berbahaya, melainkan memiliki risiko bisa menyebabkan pecahnya ketuban sebelum waktunya. Jadi, mama yang sedang hamil, sebaiknya jangan menganggap remeh anyang-anyangan ini.

Selain keinginan BAK, tanda-tanda umum mama hamil mengalami anyang-anyangan adalah sebagai berikut:

  • Volume BAK sedikit-sedikit, meski keinginan BAK sangat besar.
  • Nyeri pada bagian bawah perut dan panggul.
  • Merasa perih saat BAK.
  • Bau urin yang dikeluarkan sangat menyengat, lebih pekat, beberapa bahkan keluar darah.
  • Diiringi demam.
  • Kondisi kesehatan yang menurun.

Jika anyang-anyangan sudah sangat mengganggu aktivitas mama hamil, bahkan sampai membuat kondisi kesehatan menurun, maka sebaiknya segera diatasi. Mama hamil bisa berkonsultasi ke dokter untuk memeriksakan kondisi anyang-anyangan tersebut. Biasaya, dokter akan menyarankan untuk melakukan tes urin di laboratorium. Dokter juga biasanya akan meresepkan obat-obatan untuk mengatasi anyang-anyangan yang aman buat mama hamil dan janin dalam kandungannya.

Namun, bagaimanapun, yang namanya mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Maka, apabila mama hamil mengalami gejala anyang-anyangan, sebaiknya melakukan beberapa langkah pencegahan sebagai berikut:

Perbanyak konsumsi cairan.

Mama hamil biasanya mengeluhkan bolak-balik ke kamar mandi untuk BAK, sehingga supaya tidak sering-sering BAK, biasanya ada yng mengurangi asupan cairan. Padahal, ini justru berbahaya buat kondisi kesehatan. Justru, sebaiknya, mama hamil harus banyak mengkonsumsi cairan terutama air putih. Apabila kebutuhan cairan tercukupi maka dapat membuat bakteri yang ada di kandung kemih tidak terkonsentrasi, sehingga tidak akan terjadi infeksi.

Jangan menahan keinginan untuk BAK.

Apabila mama hamil merakan keinginan untuk BAK, sebaiknya jangan ditahan. Menahan BAK bisa menyebabkan infeksi.

Kurangi aktivitas fisik yang berat.

Salah satu penyebab anyang-anyangan pada mama hamil adalah sebab mama hamil melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Saat mama kelelahan maka anyang-anyangan cenderung terjadi. Jadi, sebaiknya mama hamil tidak melakukan aktivitas fisik yang terlalu melelahkan seperti berolahraga ekstrim, berjalan jauh, atau mengangkat beban berat.

Jaga kebersihan organ kewanitaan.

Mama hamil sebaiknya menjaga kebersihan organ kewanitaannya dengan cara sering-sering mengganti celana dalam, membersihkan organ kewanitaan setiap selesai BAK atau buang air besar (BAB). Bila perlu gunakan sabun pembersih organ kewanitaan yang memiliki PH seimbang, sesuai dengan petunjuk dari dokter kandungan.

Atur posisi tidur supaya nyaman.

Saat tidur, aturlah posisi sedemikian rupa sehingga bisa mengurangi tekanan pada kandung kemih. Poisisi tidur yang disarankan adalah miring ke kiri dengan menekuk kedua kaki membentuk sudut siku-siku.

Lakukan senam khusus mama hamil.

Biasanya jika mama hamil mengikuti senam dengan instruktur maka akan diajarkan gerakan senam yang bisa mencegah anyang-anyangan.

Minum ramuan herbal yang aman.

Mama hamil juga bisa meminum ramuan herbal yang sudah terbukti aman dan manjur menyembuhkn anyang-anyangan. Bahan-bahannya adalah jeruk nipis, gula pasir, dan segelas air hangat. Caranya, peras jeruk nipis, tambahkan gula pasir dan air hangat, lalu diminum. Ramuan ini bisa diminum sehari satu kali.

Nah, mama yang sedang hamil, semoga bisa mempraktekkan keenam cara di atas untuk mencegah anyang-anyangan, ya? Apabila dirasa gejalanya makin parah, maka segera periksa ke dokter kandungan untuk memperoleh pengobatan yang dibutuhkan.



0 Comments on "6 Cara Mengatasi Anyang-anyangan Pada Mama Hamil"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply