Setelah melahirkan banyak Mama yang pastiingin segera mengembalikan betuk dan berat tubuhnya seperti saat sebelum hamil. Terlebih di area perut. Tak bosan, tiap hari Mama akan mencari cara bagaimana agar perut Mama yang mengendur dapat kembali kencang seperti sedia kala. Entah dengan bertanya pada teman atau saudara yang sebelumnya telah berhasil mengembalikan ukuran tubuhnya setelah melahirkan, mulai dari metode tradisional, menggunakan obat, sampai metode lain seperti olah raga ekstrim misalnya.

 

Setelah proses melahirkan, berat badan Mama biasanya akan menyusut sekitar 5 kg, yang merupakan akumulasi dari jumlah berat badan buah hati, plasenta, dan air ketuban yang keluar. Selain itu, sejumlah cairan pun akan keluar dari tubuh Mama melalui urin atau keringat.

 

Jika dilihat, memang sepertinya Mama akan kehilangan banyak berat setelah melahirkan, namun tak semua Mama dapat mengembalikan bentuk badannya seperti semula dalam kurun waktu yang sama. Setidaknya Mama membutuhkan sekitar Sembilan bulan bahkan lebih untuk mengembalikan postur tubuh yang paling tidak mendekati idaman seperti saat sebelum hamil.

 

Nah, proses mengecilnya perut ini ternyata tergantung dari beberapa faktor Ma seperti faktor keturunan, bentuk dan ukuran tubuh sebelum hamil, kenaikan berat badan saat hamil dan aktivitas yang dilakukan Mama setelah melahirkan.

 

Namun, jangan patah semangat dulu Ma. Bukan berarti Mama tidak dapat mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Semuanya butuh proses. Untuk Mama, Rumpibayi telah merangkum empat cara yang dapat Mama lakukan untuk membantu mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan seperti di bawah ini.

 

 

Menyusui

Tahukah Ma, menyusui ternyata mampu membakar kurang lebih sekitar 500 kalori dalam tubuh Mama. Selain itu, saat menyusui, terjadi kontraksi  yang membantu untuk mengecilkan rahim sehingga ini sama halnya dengan melatih seluruh tubuh.

Bayangkan jika Mama menyusui buah hati secara eksklusif, berapa jumlah kalori yang Mama bakar selama masa menyusui tersebut?

 

 

Menjaga asupan makanan

Menjaga asupan makanan memang harus sangat diperhatikan di keseharian. Terlebih saat kehamilan dan pasca melahirkan. Karena apa yang Mama konsumsi akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan buah hati nanti.

Memperbanyak makanan mengandung serat akan sangat membantu metabolism tubuh Mama. Selain itu, karena tubuh Mama butuh nutrisi cukup untuk memproduksi ASI, biasakan untuk makan dengan porsi kecil secara berkala. Dan yang paling penting hindari junk food.

Untuk sementara, stop melakukan diet ekstrim yang dapat mengurangi asupan tubuh. Karena hal tersebut dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas dari ASI Mama.

 

 

Perbanyak konsumsi air putih

Selain sebagai hidrator, air putih juga berfungsi sebagai detoks untuk menghilangkan racun dalam tubuh, yang ini sangat membantu untuk proses metabolism dan pencernaan. Selain itu, air putih juga dapat membantu Mama menahan rasa lapar sehingga menekan Mama untuk tidak makan dalam porsi yang banyak.

 

 

Olah raga

Hal yang tak boleh Mama lupakan adalah berolah raga. Berolah raga merupakan cara yang tepat untuk mengembalikan postur tubuh Mama. Dengan berolah raga, Mama melatih kembali otot-otot yang mungkin saat hamil sempat kaku.

Mama dapat melakukan olah raga ringan seperti berjalan kaki, jogging, peregangan, atau mengikuti yoga pascanatal.  Untuk yoga dan olah raga seperti senamkegel dan yang lainnya, setidaknya tunggu dulu sekitar enam minggu setelah melahirkan. Atau konsultasikan ke dokter kandungan Mama kapan baiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*